Ingin Punya Asuransi Kesehatan atau Jiwa Sekaligus Investasi? 

Sudah banyak asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang digabungkan dengan produk investasi untuk memberikan perlindungan secara maksimal dalam hal finansial. Asuransi yang menggabungkan dua produk keuangan, yaitu asuransi dan investasi. Pada asuransi gabungan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dengan investasi, dana yang sudah dibayarkan oleh nasabah akan dipecah dan dimasukkan dalam dua keranjang. 

Sebagian uang akan dimasukkan ke dalam premi asuransi yang berfungsi sebagai bentuk perlindungan. Sebagiannya lagi dimasukkan ke manajer investasi untuk dikelola sebagai dana investasi.

Nah, terdapat beberapa pilihan investasi yang ditawarkan saat Anda membeli gabungan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dan investasi. Berikut ini pilihannya berdasarkan situs media Bisnis: 

  • Berdasarkan premi

Dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu premi tunggal dan premi berkala. 

  • Asuransi dengan Premi Tunggal

Pada premi tunggal ini nasabah diberi kewajiban untuk membayarkan premi sekaligus. Metode pembayaran premi tunggal ini dilakukan hanya 1 kali dengan nilai yang cukup besar. 

  • Asuransi dengan Premi Berkala

Sesuai dengan namanya, pada program premi jenis ini, nasabah asuransi bisa melakukan pembayaran premi secara bertahap, baik setiap bulan, triwulan, ataupun dalam jangka waktu tertentu. Program premi berkala ini cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas tapi ingin memiliki asuransi sekaligus investasi. 

  • Berdasarkan penempatan dananya 

Dibagi menjadi 4 jenis, yaitu penempatan dana di pendapatan tetap, pasar uang, saham, dan campuran. 

  • Penempatan Dana di Pasar Uang

Jenis ini menempatkan semua porsi dana investasi pada instrumen pasar uang sehingga risikonya lebih rendah. 

  • Penempatan Dana di Pendapatan Tetap

Sementara, produk denga pendapatan tetap menempatkan dana investasi sekitar 80% pada instrumen obligasi. Risiko investasinya akan lebih tinggi dibandingkan pasar uang.

  • Penempatan Dana di Campuran

Sedangkan, program penempatan dana campuran menempatkan seluruh dana investasi pada beberapa instrumen investasi, mulai dari surat utang, saham, hingga pasar saham. 

  • Penempatan Dana di Saham

Dan untuk saham biasanya menawarkan perubahan nilai investasi yang lebih besar, namun tentunya risiko yang dihasilkan akan lebih besar pula. Oleh sebab itu, produk asuransi yang dilengkapi investasi saham ini menempatkan dana setidaknya 80% ke dalam instrumen saham. 

 

Demikian penjelasan singkat mengenai investasi yang dapat Anda pilih saat membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sudah dilengkapi investasi. So, mau punya asuransi sekaligus investasi? 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.