Tidak Memiliki Seribu Pintu, Berikut Fakta Menarik Lawang Sewu

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, maka semua bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Mulai dari membeli keperluan pribadi hingga pembelian tiket transportasi. Tidak hanya tiket pesawat saja yang bisa dipesan secara online, melainkan bus pun bisa dipesan melalui online. Dengan memesan tiket bus secara online, maka akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Seperti membeli tiket bus di aplikasi Pegipegi, kamu sudah bisa mendapatkan nomor bangku dan jam keberangkatan tanpa harus mendatangi terminal terlebih dahulu. Selain tiket bus Pegipegi yang murah, kamu juga bisa mendapatkan diskon tambahan hingga 70%.

Jika kamu ingin berpergian ke daerah Jawa Tengah, kamu bisa memesan tiket bus dari keberangkatan di beberapa terminal dan juga tujuan di beberapa terminal. Seperti kamu ingin berlibur dari Jakarta – Semarang, kamu bisa berangkat dari terminal kampung rambutan, kalideres, grogol dan beberapa terminal lainnya. Selain bisa mendapatkan tiket yang murah, kamu jadi bisa mengunjungi banyak tempat liburan favorit di Semarang salah satunya yang terkenal yaitu Lawang Sewu. Berikut fakta menarik mengenai Lawang Sewu.

  • Arti Nama Lawang Sewu

Sobat mendengar kata Lawang Sewu tentu sudah tidak asing di dengar bukan, semasa di bangku sekolah tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah di bagi negara Indonesia. Asal mula nama tempat ini merupakan Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij dibawah pemerintahan Belanda. Disebut Lawang Sewu dikarenakan diambil dari bahasa jawa yang artinya ‘seribu pintu’.

Mengapa disebut seribu pintu? Karena tempat ini memiliki banyak pintu, maka disebut lah dengan gedung seribu pintu (lawang sewu)

  • Pembangunan Dilakukan Bertahap

Lawang Sewu dibangun di atas lahan yang memiliki luas 18.232 . Pembangunan dilakukan mulai 27 Februari 1904, lalu tahap awal ini selesai pada Juli tahun 1907. Pembangunan dilanjutkan kembali pada tahun 1916 dan selesai pada tahun 1918.

  • Tidak Memiliki Seribu Pintu

Fakta menarik lainnya mengenai lawang sewu yaitu gedung ini tidak sepenuhnya memiliki pintu sebanyak 1.000 melainkan hanya 429 pintu saja dengan lebih dari 1.200 daun pintu.

  • Banyak Digunakan Untuk Berbagai Macam Fasilitas

Lawang Sewu bukanlah hanya sebuah gedung semata yang telah didirikan seratus tahun yang lalu ini, melainkan merupakan sebuah gedung yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari kantor kereta api pada saat zaman Belanda hingga pergunakan sebagai penjara. Untuk bagian penjaranya sendiri yaitu pada ruang bawah tanah dan lantai tiga di bagunanan lawang sewu.

  • Salah Satu Bangunan Di Masa Penjajahan

Lawang sewu merupakan salah satu bangunan yang dibuat oleh Belanda yang awal mula untuk dipergunakan sebagai kantor kereta api. Akan tetapi, bangunan ini juga menjadi saksi perebutan bangunan antara Belanda dan Jepang. Di tahun 1945 Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) ingin mengambil alih bangunan lawang sewu.

Itulah fakta-fakta yang menarik mengenai Lawang Sewu. Kamu ingin berlibur ke Semarang akan tetapi budget pas-pas’an? Tenang saja. Kamu bisa memesan tiket bus, kereta hingga hotel dengan harga murah dan ditambah diskon hingga 70% di aplikasi Pegipegi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.