7 Manfaat Buah Kecubung yang Sering Disalahgunakan untuk Berhalusinasi

Pernah mendengar buah kecubung? Tanaman yang tumbuh liar di wilayah Indonesia ini buahnya berbentuk seperti kapsul berduri, dengan isi biji halus layaknya tomat. Belakangan ini kecubung kerap disalahgunakan karena diklaim dapat mendatangkan efek halusinasi setelah mengonsumsi buahnya.

Pasalnya buah ini dapat mendatangkan efek lebih berbahaya dari shabu, ganja, heroin, ekstasi, dan kokain. Sehingga tak heran jika kecubung kerap disalahgunakan sebagai zat adiktif. Meskipun dinilai berbahaya, namun rupanya terdapat beberapa manfaat baik kecubung bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

 

  1. Mengatasi Penyakit Eksim

Kecubung rupanya mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi penyakit kulit seperti eksim, dan bisa mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala.

  1. Mengatasi Bisul

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, bisul juga sangat mengganggu penampilan seseorang. Namun tak perlu khawatir karena buah ini dapat digunakan untuk mengatasi bisul agar lebih cepat matang dan pecah, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengatasi Rematik

Penderita rematik tak hanya dapat menggunakan daun sirsak untuk pengobatan, namun buah dan daun kecubung juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rematik. Haluskan buah dan daun bersamaan, lalu tambahkan bawang merah serta jahe. Setelah itu tempelkan ramuan tersebut pada bagian rematik.

  1. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaan yang kerap dikeluhkan hampir semua orang, dan pasti menimbulkan rasa tak nyaman. Namun tak perlu khawatir karena buah kecubung juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit.

  1. Mengatasi Pembengkakan

Pembengkakan bisa terjadi karena berbagai penyebab, karena itu perlu segera diredakan agar nantinya tidak semakin parah. Caranya cukup dengan menempelkan buahnya yang telah dipanggang lalu diberi minyak kelapa.

  1. Mengatasi Radang Telinga

Kandungan inflamasinya dapat membantu mengatasi beragam penyakit radang di bagian tubuh manapun, termasuk pada bagian telinga.

  1. Menghilangkan Ketombe

Selain mengatasi beragam penyakit di tubuh, menghilangkan ketombe pada rambut juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan buah ini. Caranya adalah dengan mengambil ekstrak minyak kecubung, lalu jadikan minyak tersebut untuk membasmi ketombe.

 

Fakta Buah Kecubung

Berikut beberapa fakta menarik yang layak diketahui.

  • Menyebabkan Halusinasi

Salah satu efek buruk kecubung bagi tubuh adalah mendatangkan efek halusinasi. Sehingga siapapun yang mengonsumsinya dapat mengalami pusing berkepanjangan, muntah-muntah bahkan hingga tak sadarkan diri akibat dari efek memabukkan tanaman tersebut.

  • Dijuluki The Devil’s Breath

Selain itu, zat berbahaya lainnya adalah skopolamin dimana memiliki efek layaknya ‘napas setan’ atau The Devil’s Breath. Pasalnya siapapun yang mengonsumsinya akan berubah menjadi mirip zombie.

  • Memiliki Efek Katinona

Katinona adalah zat stimulan untuk sistem saraf pusat yang kerap digunakan dalam party drug atau club drug. Zat tersebut dapat membuat orang menjadi lebih bahagia, karena katinona dapat merangsang ujung saraf.

 

Itulah manfaat buah kecubung untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat manfaat buah ini bisa didapatkan jika dikonsumsi dalam jumlah tepat sebagai obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.